Cinta Tanpa Pamrih

APA ITU ROSARIO

 

APA ITU ROSARIO? Oktober dicanangkankan sebagai "Bulan Rosario" Kalau kamu mendengar kata rosario, apakah yang terlintas di benakmu? Mungkin kamu beranggapan bahwa berdoa rosario adalah pekerjaan orang-orang lanjut usia. Mereka berkomat-kamit mengulang-ulang doa yang sama. Rosario lebih dari hanya sekedar mengulang-ulang doa. Rosario adalah sarana yang ampuh. Dengan rosario, sebagian masalah-masalah terbesar dalam gereja dapat ditanggulangi. Salah satu bentuk doa yang paling indah ialah meditasi, mendengarkan Tuhan. Tetapi kita punya masalah yang harus kita hadapi jika bermeditasi. Tuhan berbicara sangat halus sehingga kita tidak selalu dapat mendengar-Nya.  Dalam Kitab Suci dikatakan bahwa suara Tuhan halus seperti desiran angin. Sedangkan pikiran kita penuh dengan segala macam kebisingan. Oleh karenanya kita tidak dapat mendengar suara Tuhan.

Kita menyebut suara-suara bising itu sebagai "distraksi". Gangguan itu dapat diatasi dengan berdoa rosario. Ribuan tahun yang lalu, rakyat di India dan di Cina mendapatkan bahwa pengulangan kata-kata yang sama dapat membantu memusatkan pikiran dan menghilangkan gangguan distraksi. Maka mereka menggumamkan kata-kata yang sama berulang-ulang. Dengan demikian distraksi lenyap dan pikiran menjadi bebas. Orang-orang kuno menyebutnya "mantra". Sama halnya dengan pengulangan doa dalam rosario - tujuannya membebaskan pikiran kita dari gangguan distraksi. Dalam rosario, sementara bibir kita mengulang-ulang doa yang sama, kita merenungkan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus dan Maria.  Manik-manik rosario juga ada gunanya. Selain untuk menghitung, manik-manik itu membuat tangan kita bebas dari gangguan. Akan sulit bagi kita untuk bermeditasi jika tubuh kita merasa tidak nyaman. Manik-manik rosario dapat mengendorkan ketegangan dan membuat kita rileks. Banyak orang di berbagai pelosok dunia menggunakan semacam rosario untuk bermeditasi. Misalnya saja orang Yunani, Yahudi, Hindu dan juga Budha menggunakan sarana doa yang mirip rosario. Doa seperti itu dapat membuat kita rileks dan pikiran kita bersih.

 

MAKNA DOA ROSARIO

Berdoa rosario bersama adalah salah satu bentuk liturgia domestika, suatu ibadat bersama yang dilakukan di rumah-rumah keluarga/komunitas atau di luar Gereja resmi. Melalui doa rosario kita mencoba menyelami misteri penebusan dari meditasi Bunda Maria sendiri. Refleksinya berawal dari saat menerima kabar gembira dari malaikat Gabriel hingga kenaikan ke surga dan dimahkotai kemuliaan kekal. Dalam doa rosario kita merenungkan suatu misteri yakni peristiwa dalam kehidupan Yesus yang terdapat dalam empat peristiwa yang kita renungkan setiap sepekan.

Seluruh peristiwa hidup Yesus dan Maria ada dalam rangkaian doa rosario; peristiwa gembira, sedih, terang dan mulia. Maka doa rosario menggabungkan doa lisan dengan doa batin, doa permohonan , syukur dan pujian. Dengan berdoa rosario banyak devosi yang kita doakan. Kita sebagai anak-anaknya dan Maria adalah pelindung kita, maka pantaslah kita memberi hormat kepada Bunda Maria dengan setia mendoakan rosario.

Sebagaimana juga St. Vinsensius mengatakan kepada para susternya mengenai doa rosario " saya percaya putri-putriku bahwa kalian tidak menyadari nilai doa ini bila didoakan dengan tepat, karena doa paling mulia dari segala doa adalah Bapa kami yang diajarkan oleh Tuhan sendiri kepada para Rasul dan doa itu merupakan bagian doa rosario, walau sangat sederhana tetapi sesuatu yang sekecil di mata dunia itu sering besar dihadapan Allah. "

Kita wajib mendoakan lima puluhan rosario setiap hari untuk intesi-intensi khusus. Misteri-misteri yang disebutkan bersama dengan rosario cenderung menarik perhatian, hal ini diulangi bersama dengan setiap salam Maria. Maria memberi rahmat kepada mereka yang setia berdoa rosario.

Ave María, grátia plena, Dóminus
técum; benedícta tu in muliéribus, et benedíctus
fructus ventris tui, Jesus.
Sancta María, Mater Dei, ora pro nobis
peccatóribus, nunc et in hora mortis
nostrae. Amen


"Salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu, terpujilah Engkau diantara wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus, Santa Maria Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini, sekarang dan waktu kami mati. Amin "